[JAPAN] Time Traveling with Doraemon's 50th Anniversary

Usianya memasuki tahun ke-50. Itu berarti Doraemon dan kawan-kawan sudah hadir sepanjang hidup sebagian besar penonton setianya, terutama yang seumuran dengan saya (generasi 90-an angkat tangan!). Memorabilia sekecil lapa pun yang berbau tokoh kucing futuristik nan ikonis satu itu pasti bisa membangkitkan suasana nostalgia yang kental. Nah, gimana tuh rasanya kalau mampir langsung ke museum yang bahkan didedikasikan untuknya?

Saya sendiri sampai sekarang masih tak bisa menggambarkan dengan subjektif bagaimana perasaan kala berkunjung ke Fujiko F. Fujio Museum di Kawasaki, Jepang, yang isinya hampir seutuhnya berbau Doraemon. Museum ini memang dibangun untuk menghormati sang komikus, namun sebagai ikon utama, jelas si robot biru menjadi primadona. Apa lagi tahun ini adalah peringatan hari jadinya yang ke-50.

Lantas jadi seperti apa lagi pengalamannya? Baca laporan singkatnya dalam artikel "50 Tahun Doraemon" di majalah DestinAsian Indonesia Edisi Apr-Jun 2019, atau lewat situs resminya di sini.

0 Comments